Kamis, 28 Agustus 2008

Perjuanganku yang harus berakhir...

Umm...

alkisah gini...pertama2 gw mau ngasih tau..

gw udah laaamaaaaa bgt pengen masuk yang namanya pecinta alam. tapi bokap gw yang kolot selalu aja bilang : "de, kamu jangan ngelawan orang tua!! emangnya kamu cowo apa ikut begituan??!!"
saat gw meminta lagi bokap gw cuma bilang dengan nada datar namun menusuk : "kalo kamu nggak suka ya udah, anak papa nggak cuma kamu doank kok!"
Damn,, it's kind of timed bom that waiting to ruin everything around you! jadi saat sma,, gw cuma bisa gigit jari aja ngeliat temen gw yang bisa masuk...huhuw...
Untung sodara2 gw yg cowo2 demen naik gunung, jadi mau nggak mau bokap ngebolehin asalkan ada mereka yg ngejagain gw..

Saat gw mau ikutan seleksi buat paskibraka, bokap dengan entengnya bilang jangan. sementara itu, nyokap gw yang kadang emang ngebela gw, sebenarnya mimpi anaknya bisa jadi paskibraka nasional. Yah akhirnya si papa ngebolehin dengan syarat "nggak ngeganggu belajar kamu ya!!"
gw dengan pedenya bilang : "tenang aja Pa!!"

akhirnya...masuklah gw dengan seleksi yang dateng 1000 orang dr jakarta timur,, setau gw malah ada yang pake wig, bahkan ada yg ngehapalin tes snellen chart (tau kan? yg suka ditempel dinding praktek dokter yang ada huruf dari besar sampai kecil??) biar masuk!! hebat deh perjuangannya..malah temen gw yg namanya putra sampai jatoh contact lens beningnya waktu tes fisik kalo nggak salah..semboyan "if there is a will, there is a way" tuh bener banget..sumpah! temen yg waktu itu bodinya kayak gentong (si putra itu) dan bahkan pakai kacamata, bisa masuk..dan akhirnya jadi komandan pasukan 2003 di kotamadya(yup,,gw emg cm mpe kotamadya aja...waktu seleksi ke dki gw nggak masuk karena itu hr ultah gw..kayaknya kalo gw ikut pun nggak mungkin,,gw kan pendekk!!hahahaha...)

dan waktu sebulan menjelang 17 agustus 2003, bokap gw dengan seenak jidatnya nyuruh gw keluar!!! gila nggak,, siksaan yg udah gw lalui buat 2 bulan sia-sia kali.. gw keluar?? tentu nggak..walaupun gw tau konsekuensinya apa...

dengan tangisan, air mata, darah, dan tentu aja konsentrasi belajar yg turun gara2 seminggu ga masuk sekolah akhirnya gw ikut pengibaran!! tentu aja bokap gw yang ganteng itu langsung bangga,,nggak inget dulu dia ngelarang gw..hehehe... dan sebenarnya nilai gw juga jeblok, tapi bokap gw nggak terlalu masalahin, moodnya lagi bagus pas gw terima raport..hahaha...untunglah, terima kasih Tuhan..

kejadian diatas kejadian lagi pas gw masuk kuliah..

Di kampus gw, FK Unpad ada organisaasi pecinta alam kedokteran yg beken seantero Indonesia..namanya Atlas Medical Pioneer atau AMP. gw pengen ikut dari tahun pertama, tapi kata-kata bokap gw menghalangi gw...
"kamu ini mau kuliah apa naik gunung sih? udah susah-susah masuk FK kok malah pilih UKM begitu??"
gagal deh taun pertama ikutan..hehehe...

gw setelah itu masih mikir aja, nyesel liat temen-temen setelah lulus yang akhirnya gw udah bisa sedikit ngelupain kesedihan gw gara-gara gw ikut CIMSA (Center of Indonesian Medical Students' Activities) yang gara-gara ikut itu gw bisa kenal sama anak-anak FK se-Indonesia bahkan ikut Asia Pasific Regional Meeting. enaklah...

Celakanya, salah satu temen gw yang eksis banget di tiap UKM, namanya Andi, menyetan-nyetani gw untuk ikutan AMP taun ketiga...gw berfikir..berfikir...dan lebih ribetnya lagi gw MAU!!hahahaha...

Dimulailah perjuangan baru, pertama, minta ijin bokap gw..
"Pa..aku mau ngomong"
"Apa?"bokap gw dengan nada curiga
"Aku mau ikut AMP!" sementara gw takut, bokap gw lalu bilang,
"Apa itu?"JEDER!!! Lupa doi..
"Anu Pah, pecinta alam gitu..."
Tanpa babibu gw ditinggal pergi...gagal!

gw yang emang very persistent selama gw yakin sama keputusan gw...akhirnya gw mencoba lagi..
"Pa, AMP tuh bagus lho...Kemaren aja..."belom sempat gw menyelesaikan kata-kata, gw dicuekin karena bokap gw baca koran dengan muka yang juga tertutup koran. gw cuma bisa mandang nyokap gw dengan pandangan nelongso.

Kali ini yg terakhir gw nyoba, kalo bokap gw nggak mau nyetujuin, gw mau minta temen gw tanda tanganin aja, palsuin bleh!!!Kalo langsung ke bokap gw, pasti dicuekin lagi, jadi gw mencoba taktik baru, yaitu lewat nyokap gw yang kadang gampang terbujuk rayu.
"Ma...masa kemaren AMP ngadain Balai Pengobatan. anggotanya semuanya ikutan meriksa gitu, pengalamnnya banyak deh temen-temenku yg jadi anggota."
"Oh ya? bagus donk!" katanya nyokap sambil senyum-senyum.
"Iya, enak deh soalnya...." gw lalu cerita panjaaaannggg lebar buat cerita sampai akhirnya untuk ketiga kalinya dan terakhir kalinya gw minta tanda tangan buat surat izin. dan kalian tahu?? DIBOLEHIN tapi gw langsung didiemin dan kertas gw dilempar ke muka gw...buset, sabar banget deh gw waktu itu...

Dimulailah latihan pertama...masih lancar...hobi gw yg cengengesan langsung mendadak dapat lampu kuning dari temen gw yg namanya Christine alias si titin.
"De, lo jangan suka senyum-senyum, dihukum sia de!!"
Gw langsung nginyem. temen-temen gw sebangsa Widita alias ALex sama Nahe cuma bisa geleng-geleng liat gw. hahahaha....

Sampai tiba saatnya gw terkena Tipes!!!! hampir aja gw dikeluarin saat itu. akhirnya terbongkarlah bahwa gw latian 3 kali seminggu oleh bokap gw!! dia langsung ngomel-ngomel marah!
"Kamu kecapekan itu! KELUAR aja dari AMP!!"
gw cuma bisa diem, kalo ngelawan pasti gw digeplak!
sebenarnya di AMP, kalo udah tipes gw harus keluar karena harus istirahat lama..tapi gw bandel..baru seminggu gw udah latian lagi..pantes aja gw nggak kuat! temen-temen gw sesama siswa-siswi(sebutan buat calon anggota yang ikut pelatihan) pada narikin gw saat lari..gw terharu!! beneran gw kayak dapet sodara disitu.

gw ikut lapangan gunung hutan yang temen-temen gw nyuruh buat nggak ikutan.
"Nggak usah ikut, karna gw nggak ikut!" kata Alex.
"De, istirahat aja!" kata Anggit.
"Eh dasar dodol! ntar nggak ikut MO sia!" kata Nahe.(Nih orang emang kadang nggak peduli perasaan orang kalo ngomong..hahaha..)
MO itu singkatan dari Medan Operasi, jadi itu kayak final decision buat kita bisa masuk AMP apa nggak..itu jalan bisa 7-14 harian, bawa beban dimulai dari max 20 kg buat putri dan 40 kg buat putra. kerjaannya jalan terus, kayak ninja hatori, mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah.....kemah, jalan lagi, ada survival juga selama 2 hari..gt deh pokoknya..

setelah itu gw mulai nggak kuat lari kenceng...padahal dulu waktu pertama kali gw kuat kalo di depan lari...Parah...Tipes emang bikin badan gw lemah..gw lalu latian lari sendiri hampir tiap hari keliling Unpad Jatinangor SENDIRIAN..sampe temen-temen gw bilang "NIAT abis sia de..." gw cuma bisa bilang "heeh ya..."

samapi lapangan tebing, inilah saat gw membahayakan nyawa gw sendiri! serius!
Jadi waktu itu ada turun tebing dari ketinggian 48 m di Citatah. gw yang sebenarnya takut ketinggian udah deg-degan. pas disuruh turun, ga ada satupun dari kelompok gw yg mau. yaudah akhirnya gw bilang "saya aja Pak yg duluan!!"
"Siap siswi Dea?"
"Siap Pak!"
dan lo tau? setelah ketinggian mencapai sekitar 18 m kalo nggak salah, gw pingsan dengan sukses! hampir aja gw jatoh! dan abis itu langsung dihukum merayap!

Setelah lapangan itu gw ternyata keseleo di tangan pas lagi push up, sampe telapak tangan gw kaku kayak orang lagi mengggenggam terus. alhasil gw nggak dihukum push up, sebagai gantinya, gw sit up sama bending. berhubung bending dibilang terlalu gampang, akhirnya gw sit up terus! dan hasilnya..teroret toret..!! pantat gw luka, bernanah lagi! gw susah duduk..
Dengan semangat '45 gw tetep ikut latian, gw nggak dibolehin bawa beban, tangan gw dibalut, tapi tetep latian jalan...Sialnya, minggu itu gw disuru balik sama bokap gw setelah 2 bulan nggak balik ke rumah..padahal jkt-jatinangor cuma 2-2,5 jam saja sodara-sodara..

feeling gw langsung nggak enak. Bener aja, sampai rumah otomatis bokap gw bingung ngeliat gw meringis terus saat duduk, akhirnya bokap gw berkata, "Kamu kenapa sih?"
"Ah, nggak apa-apa Pa."
"En, coba kamu liat pantatnya si dea itu, kenapa!" doi berkata ke nyokap gw..
Sebagai istri yang baik nyokap gw nurut.
Setelah dilihat..."Ya ampun Mas, sini deh! si Dea lukanya kayak sayap!" WHAT??? SAYAP??
"Apaan sih ma? kok kayak sayap?" tanya gw.
"anu abisnya pas di belahan pantat kamu.." Oh Gosh, gw berharap nyokap gw berkata pintar ya, ternyata..Tuhan tolong saya...

Setelah itu bokap gw dengan tegas bilang "KELUAR AMP ato terserah kamu ngapain juga papa nggak peduli..."

Akhirnya setelah semua yang gw lalui, perjuangkan, gw harus memendam lagi keinginan gw untuk menjadi seorang pecinta alam......

2 komentar:

Banu Aji Dibyasakti mengatakan...

Waah de...

ternyataaaa..........

mengharukan sekalii ceritamu ituu...

gw bacanya ampe penasaran akhir kisah loe.....

tadinya gw rada sedikit gak percaya gitu ketika deka bilang ke gw "Ban,,dea gak bisa ikut MM..dia lagi ngurusin pecinta alam gitu..."

dengan nada terkejut, gw cuma bisa heran "Haah...??!!Dea ngikut pecinta alam..??"

dan setelah gw ngebaca cerita loe,,gak gw sangka dee.....

loe harus memendam hasrat loe untuk ikut pecinta alam....

sebagai anak pecinta alam pas SMA..cieehhh...(bangga gitu gw..hahahaa,,,!!),,gw emang udah sering bgt menghadapi kasus temen2 gw ataupun caang2 yang dilarang oleh orang tuanya gitu de...

yaa mau gimana lagi kaan...orang tua gituu....

tapi setelah gw pikir2,,ada benernya juga deh de...emang sakti bgt tuh yang namanya orang tua..

sepengalaman gw naik gunung,,hampir aja selalu ada hal aneh2 gitu kalo aja ada yang boong sama orang tuanya pas mau pergi..
dimulai dari sakit perut terus,,keram tiba2,,dan hal2 diluar dugaan lainnya d...dan itu terjadi sama temen gw yang dia boong gitu pas izin ke orang tuanya..

dia bilangnya retreat,,padahal naik ke G.Gede...

hahahaaaaaa......!!!awalnya ngakak gw ngedengernya,,tapi setelah kejadian itu,,serem juga ternyata...

yaah,,,pokoknya sabar aja lah de...like U said,,"if there's a will,there's a way"

Dea A. mengatakan...

terima kasih banu..

cerita gw ini emg tanpa bumbu2..ini real,,apalagi yg masalah bokap gw itu..

keluarga gw emang ajaib...hehehe...